nge-Bus Singapura – Kuala Lumpur

Ngebis. Cara ini adalah yang paling tradisional, sebelum maraknya budget airline. Aneka ragam bus bisa dipilih dari Singapura ke KL. Dari yang merek A sampe Z, dari kelas eksekutif sampai kelas super VIP++. Bisa dilihat di sini.
Sejauh ini sih baru pernah naik yang kelas eksekutif biasa aja. Belom pernah naik yang super VIP++ pake TV. Fasilitas standar bus – bus ini adalah AC, formasi tempat duduk 2 (kanan) – 1 (kiri), dengan kerapatan ruang kaki yang berbeda – beda. Fasilitas lainnya tergantung harga dan nasib. Ada yang harga tiket sama, dapat air mineral 1 botol, dan ruang kaki lebih lega. Namun tentu saja, yang kelas super VIP punya fasilitas lebih, diantaranya personal TV di tiap tempat duduknya. Bahkan ada yang punya ruang karaoke. Kalau ada yang pake kolam renang, pengen nyoba dehšŸ™‚ Kan keren kalo bisa bilang, “Gue brenang lho dari Singapur ke KL!”

Perjalanan Sgp – KL lamanya antara 5 – 6 jam. Tergantung macet atau tidak jalanannya dan/atau imigrasi, juga pakai berhenti makan atau tidak. Setahu saya keberangkatan bis dari Sgp paling malam jam 10. Kalau mau lebih malam lagi, bisa coba berangkat dari Johor Bahru terminal Larkin. Sepertinya masih bisa dapat bis ke KL jam 12 malam. Tapi konon kabarnya, JB kondisinya agak rawan terutama di malam hari. Selain itu, harga bis dari JB ke KL harganya lebih murah dibandingkan kalau beli tiket dari Singapura dan dalam RM. Harga tiket Larkin – KL berkisar RM 20 – 25. Lebih murah dibandingkan dari Sgp, yg paling murah SGD 25. Cuma, kalau mau berangkat dari JB harus menyiapkan mental untuk antrian panjang di imigrasi Woodlands, terutama kalau hari libur. Pernah, di imigrasi aja 4 jam!

Bus dari Sgp ke KL untungnya selalu berangkat via Tuas check point. Antrian di Tuas tidak selama di Woodlands.Ā  O iya, jangan lupa ingat2 plat nomor bus kita sebab plat nomor bus itu akan dipampangkan di layar petunjuk tempat kita naik lagi dari platform yang mana. Kalau lagi gak rame sih gak apa – apa, bis kita bisa jadi bis satu – satunya yang parkir di platform. Tapi kalo lagi rame, seperti waktu CNY lalu, wah… sempat panik takut ketinggalan bus gara – gara gak tahu plat nomer bus sendiri. Untunglah setelah meronda keliling platform2 bis nya ketemu. Fiuhh… Sedangkan kalau balik dari KL, masuk via Woodlands. Kalau ketinggalan bis di Woodlands bisa naik bus (SMRT 950, SBS 170, Causeway Link) atau taksi. Oh ya, saya pernah sekali tertinggal bis di Woodlands. Untungnya jam 10 malam masih ada bis ke kota.

Eniwei baswei, diantara bus eksekutif yang pernah saya tumpangi adalah Sri Maju, Transnasional. Sri Maju bisnya enak, tempat duduknya besar,Ā  meskipun tak sebesar daun kelor. RecliningĀ  seat yang cukup miring, dan ruang kakinya lega. Harganya pun tidak terlalu mahal. Tiketnya bisa dibeli di Golden Mile Complex atau online. Pernah naik bis ini ke KL pada akhir Des 2010, berangkat siang jam 12. Tiketnya beli di Golden Mile Complex, seharga SGD 25, dari agen bis 707. Mungkin waktu itu bis 707 digabung Sri Maju karena off-peak season. Dapet 1 botol air mineral. Beli tiket online ternyata lebih murah, cuma SGD 23. Pernah beli online untuk berangkat dari KL ke Sgp, CNY Feb 2011 lalu.

Bus Transnasional juga pernah. Menurut saya Sri Maju lebih enak. Tempat duduknya Transnasional gak selebar di Sri Maju, dan ruang kakinya lebih sempit. Daannn… jangan sekali2 memilih duduk di kursi paling belakang (nomor kursi belasan, seperti no. 11, 12) karena gak bisa recline dan sangat terasa getaran mesinnya. Bis ini konon adalah bus pemerintah My. Harga tiketnya stabil, tidak naik ataupun turun dikala musim libur. Menguntungkan kalau liburan CNY, tapi tidak menguntungkan kalo lagi normal, karena normalnya lebih mahal sedikit. Tiket bisa dibeli online di sini. Itinerary tiket online harus ditukar dengan tiket asli sebelum keberangkatan. Biar gak dapat tempat duduk paling belakang, tukernya jangan terlalu mepet. Dari Singapura, bis ini berangkat dari Terminal Bis Lavender, dekat Hamilton Rd. Di sini juga tempat menukar tiket.

Jika berangkat malam dari Singapura, bersiaplah untuk sampai terlalu pagi di KL. Apalagi kalau masih gelap sekitar jam 4 pagi. Saya pernah sampai di KL (Terminal Sementara Bukit Jalil) jam 4 pagi. Angkutan umum masih belum beroperasi. Naik taksi males karena belum tahu harga pasaran ke KL Sentral yang cukup jauh itu. Males ditipušŸ˜€ Akhirnya nunggu sampai jam 6, jam beroperasinya LRT, MRT, dan bus kota.

Dari Terminal Bukit Jalil ada bisĀ  kota RapidKL ke Pudu Raya RM 2.Ā  Kalau mau ke KL Sentral, bisa nyambung taksi dari Pudu, pasarannya RM 15. Bus RapidKL ini naiknya dari dalam terminal Bukit Jalil, tapi kalau pagi jam 6 belum masuk terminal. Kita harus nunggu di pintu masuk terminal di pinggir jalan raya. Dan… bus pertama, yang ngantriĀ  berjubel. Sampai akhirnya saya urung naik, dan ganti naik kreta. Kalau naik kreta ke KL Sentral, jalurnya: LRT Bukit Jalil ke Bandar Tasik Selatan, RM 70 sen, trus nyambung KTM ke KL Sentral, RM 1. Ini per Feb 2011 lalu. Stasiun LRT Bukit Jalil letaknya di sisi seberang terminal, ke arah menyeberangi sungai. Sekitar 10 menit jalan kaki lah dari terminal.

Jadi, kalau anda tidak dikejar waktu, naik bus Sgp – KL pilihan yang oke. Cukup nyaman, tidak terlalu mahal, bisa bawa bagasi banyak tanpa takut overload, cuma ribetnya pas naik turunin barang di imigrasi. So, jom cuti – cuti naik bus!

6 responses to “nge-Bus Singapura – Kuala Lumpur

  1. terminal larkin serawan apa gan?
    klo jam 9an malem ud stand by di larkin trus tinggal tunggu bus berangkat sekitar jam 10-11an itu masih ramai y gan?

    • Terminal Larkin serawan Pulogadung kali haha.. kalo bisa survive di Jkt, ya bisa lah survive di MY :))
      Copet – mencopet sama percaloan sih rawannya. Asal ati2 jaga barang2, jangan ke tempat gelap dan sepi, jangan bengong, beli tiket dari loketnya langsung. Kayaknya aman – aman aja sih bos. Kalo todong – todongan sih kayaknya enggak sampe *moga2*

      Belom pernah semalem jam 9 sih di Larkin. Sepertinya rame2 standar terminal. Pernah malem2 di terminal – terminal di kota – kota lain di Malesia, jam 10 – 3 malem aman2 aja sih bos. Asal waspada. Sante aja bos, kalo kayak orang bingung entar malah jadi sasaran empuk.

  2. Gan klo sy beli online utk 2 seats skalian blh? 1 utk tmn sy

  3. Gan kalo ke kl naik bus dari johor bru,,bisnya bnyk gk??tiap jam ada gk,,ky dKp.rambutan..hahaha
    Kan lumayan bgt kLo harganya 25RM,,dBnding dr spore-kL yg s$20 lebih

    • Wah, banyak banget mbak Sis. Dari Johor Bahru bakal banyak calo2 bus yg nawarin tiket. Sambangin aja loket2 tempat beli tiketnya langsung. Trus, mereka pajang jadwal keberangkatannya di papan gitu. Tinggal pilih aja mbak sis mana yang cocok.
      Rata2 bisnya bagus sih, jadi tinggal pilih harga yg cocok sama jadwal aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s